FamiliaMedika

Komunitas Kesehatan Keluarga

Parasetamol

Asetaminofen (Parasetamol)

Asetaminofen (lebih dikenal dengan nama Parasetamol) mempunyai efek sebagai obat pereda nyeri (analgesik) dan obat penurun panas (anti piretik), mempunyai efek sebagai anti radang yang lemah sehingga kurang tepat digunakan untuk mengatasi nyeri pada radang, seperti nyeri radang gigi dan nyeri radang reumatik.

Kontra indikasi: asetaminofen tidak boleh diberikan pada penderita sakit hati atau sakit ginjal.

Dosis dewasa:

1-2 tablet asetaminofen (parasetamol) 500mg, 3-4 kali sehari.

Dalam sehari maksimal 8x500 mg asetaminofen (parasetamol).

Sediaan / produk:

- Tablet Parasetamol (generik).

- Tablet  Biogesic™, Pamol™, Panadol™.

Di pasaran obat yang mengandung parasetamol umumnya 'dikemas' sebagai obat pereda demam, obat pereda sakit kepala dan obat sakit flu.

Peringatan: Dosis tinggi dapat merusak hati dan ginjal, peminum alkohol mempunyai risiko kerusakan hati yang lebih besar.

 

Parasetamol pada obat sakit kepala

Parasetamol pada umumnya terkandung di semua obat sakit kepala, yaitu obat untuk meredakan keluhan nyeri kepala. Hampir kebanyakan obat bebas pereda nyeri mengandung asetaminofen karena jarang menimbulkan efek samping seperti iritasi lambung, sehingga cocok digunakan bagi mereka yang mempunyai keluhan 'sakit maag'.

Untuk nyeri ringan dapat dicoba dari dosis kecil dulu. Parasetamol saja tidak kuat mengatasi nyeri berat dan hebat, sehingga jangan melebihi dosis maksimal bila nyeri  tidak teratasi.
Bila kandungan obat hanya parasetamol saja, obat dapat diminum sebelum makan. Bila diminum sesaat sebelum makan maka efek obat akan lebih cepat.

Obat sakit kepala yang mengandung parasetamol dikombinasikan dengan kafein, ibuprofen, atau propifenazon di pasaran umumnya dengan merek ekstra atau migra, umumnya termasuk ke dalam golongan obat bebas terbatas.

Last modified pada
You don't have permission to view or post comments.

Cari

Polling: Beri kami pendapatanmu

Apakah kamu suka FamiliaMedika.net?

Saya sangat suka FamiliaMedika.net - 100%
Saya suka - 0%
Biasa saja - 0%
Saya tidak suka - 0%

Total votes: 2
The voting for this poll has ended on: 17 Apr 2013 - 13:03