KeluargaNyeri

Komunitas Keluarga Nyeri

Group keluarga nyeri kepala Group keluarga nyeri kepala

Terapi obat untuk mengatasi nyeri kepala tipe migrain

obat migrain - terapi untuk mengatasi keluhan

Obat bebas dapat digunakan secara terbatas, bila keluhan nyeri kepala migrain terus berlanjut atau timbul efek samping akibat minum obat warung, maka penderita harus ke dokter. Untuk tujuan terapi abortive (menghentikan serangan migren), dokter dapat juga meresepkan obat dari golongan yang lain, yaitu golongan Ergot dan golongan Triptan. Ergot dan triptan bukanlah obat pereda nyeri, namun dapat meredakan serangan migren melalui mekanisme yang berbeda.

Triptan

Triptan akan meningkatkan neurotransmiter serotonin di otak, sehingga pembuluh darah akan mengalami 'konstriksi', sehingga keluhan mereda.

Preparat triptan banyak jenisnya, salah satunya adalah Sumatriptan (Triptagic™, Cetatrex™). Memilih preparat triptan adalah cocok-cocokan, jadi dokter akan mencari preparat mana yang paling cocok untuk meredakan berbagai serangan migren pada seseorang. Dosis pertama diminum sesaat sebelum serangan migren (bukan pada saat gejala aura pendahuluan). Bila setelah dosis pertama gejala tidak menghilang, dosis kedua tidak perlu diminum (mungkin tidak cocok). Bila gejala muncul kembali, dosis kedua dapat diminum 2 jam kemudian, atau tanyakan kepada dokter.

Efek samping (sementara) dapat timbul seperti rasa panas, kemerahan pada wajah, lelah, ngantuk, mual, tekanan darah meningkat.

Pemakaian berlebihan bisa menimbulkan witdrawal headache.

Orang yang mempunyai penyakit pembuluh darah seperti penyakit jantung koroner, stoke dan penyakit pembuluh darah perifer (umumnya pada kaki) tidak boleh mengkomsumsi preparat triptan.

Ergot

Derifat ergot akan menurunkan penjalaran sinyal nyeri di serabut saraf melalui mekanisme berikatan dengan reseptor serotonin.

Preparat 'ergot', misalnya:

  • Bellaphen™ (alkaloid Belladona 0,1 mg + ergotamine tartrate 0,3 mg, phenobarbital 20mg)
  • Cafergot™, Ericaf™ (Ergotamine tartrate 1 mg + caffeine 100 mg)
  • Dihydergot™ / DHE (Dihydroergotamine mesylate 2,5 mg)

Cafergot™: Dosis awal 1-3 tablet saat awal serangan migrain, bila gejala belum reda dapat diulangi 1 tablet tiap 30 menit. Dosis maksimal 6 tablet per hari atau 10 tablet per hari. Pemakaian berlebihan dapat menimbulkan withdrawal headache.

Preparat ergot tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit pembuluh darah, ibu hamil dan menyusui, gagal ginjal dan hati, serta penderita tukak saluran cerna.

Obat lainnya

  • Obat mual muntah. Adanya mual muntah pada migrain dapat menghambat penyerapan obat sehingga kerja obat tidak efektif. Untuk mengatasi hal ini dokter mungkin akan memberikan sediaan lain selain sediaan tablet, misalnya melalui injeksi (suntikan), suppositoria atau spray. Dokter dapat juga memberikan obat anti mual-muntah.
  • Obat tidur. Obat tidur mungkin juga diresepkan oleh dokter untuk  mengatasi serangan migrain.
Last modified pada
You don't have permission to view or post comments.

Cari

Polling: Beri kami pendapatanmu

Apakah kamu suka FamiliaMedika.net?

Saya sangat suka FamiliaMedika.net - 100%
Saya suka - 0%
Biasa saja - 0%
Saya tidak suka - 0%

Total votes: 2
The voting for this poll has ended on: 17 Apr 2013 - 13:03