KeluargaGinjal

Komunitas Keluarga Ginjal

Group keluarga ginjal dan hipertensi Group keluarga ginjal dan hipertensi

Penyebab penyakit ginjal kronik

penyebab penyakit ginjal kronik

 

Apakah penyebab penyakit ginjal kronik?

Berbagai kondisi/penyakit yang secara kronik menimbulkan kerusakan pada organ ginjal dapat menimbulkan terjadinya penyakit ginjal kronik. Penyakit ginjal kronik dan gagal ginjal dapat terjadi karena:

  • penyebab yang seharusnya dapat dikoreksi dibiarkan menahun (tidak dikoreksi) sehingga menimbulkan kerusakan ginjal yang lebih berat, misalnya batu ginjal
  • penyebab yang tidak dapat atau sulit untuk dikoreksi, dimana perjalanan penyakitnya akan progresif (berjalan) baik cepat maupun lambat, seperti pada: diabetes melitus, serta gagal ginjal akut yang ‘irreversibel’.

Penyebab penyakit ginjal kronik umumnya adalah:

Di negara-negara modern, penyebab PGK terbanyak adalah karena diabetes melitus dan hipertensi. Di Indonesia, diabetes melitus dan hipertensi juga merupakan peringkat penyebab PGK yang tinggi selain sumbatan saluran kemih seperti batu ginjal dan batu ureter, juga penyakit radang ginjal ‘glomerulonefritis’.

Mengatasi berbagai penyakit tadi akan mencegah progresitifas perjalanan penyakit ginjal kronik dari stadium awal ke stadium lanjut.

 

Last modified pada
You don't have permission to view or post comments.

Cari

Polling: Beri kami pendapatanmu

Apakah kamu suka FamiliaMedika.net?

Saya sangat suka FamiliaMedika.net - 100%
Saya suka - 0%
Biasa saja - 0%
Saya tidak suka - 0%

Total votes: 2
The voting for this poll has ended on: 17 Apr 2013 - 13:03
 

Blog ginjal