Keluarga Lambung

FamiliaMedika.net

Group keluarga empedu dan pankreas Group keluarga empedu dan pankreas

Radang pankreas (pankreatitis)

Pankreatitis

Pada halaman ini dibahas perihal ‘gallstones pankreatitis’ yang merupakan komplikasi dari adanya batu saluran empedu.

Saluran empedu dan saluran dari pankreas mempunyai muara yang sama ke duodenum, sebab saluran pankreas bermuara ke bagian hilir dari saluran empedu.

Adanya batu empedu di muara saluran empedu, selain akan menyumbat aliran cairan empedu dari hati (dan kandung empedu), juga dapat  menyumbat pengeluaran enzim-enzim pencernaan dari pankreas. Kondisi ini akan berlanjut menimbulkan peradangan pada organ pankreas. Radang pada pankreas akibat batu empedu disebut sebagai ‘gallstones pankreatitis’. Gallstones pankreatitis umumnya disertai dengan kolangitis (radang saluran empedu).

 

Gejala

Karena lokasi pankreas lebih ke arah pertengahan epigastrium, maka radang pada pankreas lebih cenderung untuk menimbulkan nyeri di sekitar ulu hati, sedangkan pada radang kandung empedu lebih cenderung untuk menimbulkan nyeri di sekitar perut kanan atas.

Sumbatan di muara saluran empedu menimbulkan nyeri yang berlangsung lama dan membosankan, dapat menjalar ke bahu kanan atau punggung, serta dapat disertai mual/muntah dan gangguan pencernaan.

 

Gejala ‘Gallstones pankreatitis’:

- Nyeri / kolik [+]

- Demam [+]

- Kuning [+] / [-]

Pankreatitis dapat pula disebabkan oleh hal lain selain karena sumbatan saluran. Sumbatan saluran, selain dapat disebabkan karena sumbatan di dalam saluran karena batu empedu, dapat pula disebabkan karena adanya tumor (massa) di luar saluran yang mengkompresi (menekan) saluran empedu.

 

Komplikasi

Infeksi pankreas juga bisa menimbulkan terjadinya abses (borok). Selain itu, bila bakteri menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah, infeksi pankreas juga bisa menyebabkan terjadinya ‘sepsis’. Sehingga pada kasus berat, penderita harus dirawat di ICU (Intensive Care Unit).

Last modified pada
You don't have permission to view or post comments.

Cari

Polling: Beri kami pendapatanmu

Apakah kamu suka FamiliaMedika.net?

Saya sangat suka FamiliaMedika.net - 100%
Saya suka - 0%
Biasa saja - 0%
Saya tidak suka - 0%

Total votes: 2
The voting for this poll has ended on: 17 Apr 2013 - 13:03
 

Blog Liver&Empedu