Keluarga Lambung

FamiliaMedika.net

Group keluarga empedu dan pankreas Group keluarga empedu dan pankreas

Metabolisme bilirubin

Bagaimanakah metabolisme bilirubin?

Dalam keadaan normal, sel darah merah akan mengalami kematian dan diganti oleh sel darah merah yang baru. Hemoglobin (bagian dari sel darah merah yang berfungsi untuk mengikat oksigen), akan pecah menjadi bilirubin. Bilirubin kemudian akan dibawa ke hati, oleh hati bilirubin akan dibuat larut di dalam air, dan dibuang bersama cairan empedu.

 

Bila terlalu banyak jumlah bilirubin yang dibuang oleh hati, maka cairan empedu akan menjadi pekat sehingga bisa membentuk batu bilirubin. Batu bilirubin terbentuk dari ikatan bilirubin dengan kalsium.

Bila saluran empedu tersumbat oleh batu empedu, maka bilirubin yang seharusnya terbuang bersama tinja akan berakumulasi di dalam darah sehingga menimbulkan gejala kuning. Sedangkan tinja yang seharusnya berwarna kuning, karena tidak terwarnai oleh pigmen kuning dari bilirubin berubah warnanya menjadi seperti dempul.

Adanya gejala kuning pada tubuh dan tidak kuning pada tinja merupakan petanda adanya sumbatan di saluran empedu.

Sumbatan saluran empedu dapat terjadi baik di saluran empedu di dalam hati (saluran 'intrahepatik') maupun di saluran empedu di luar hati. Penyebabnya bisa karena adanya batu empedu di dalam saluran, juga karena adanya tekanan dari luar saluran, misalnya ada tumor yang menekan 'ductus choledocus'.

 

Last modified pada
You don't have permission to view or post comments.

Cari

Polling: Beri kami pendapatanmu

Apakah kamu suka FamiliaMedika.net?

Saya sangat suka FamiliaMedika.net - 100%
Saya suka - 0%
Biasa saja - 0%
Saya tidak suka - 0%

Total votes: 2
The voting for this poll has ended on: 17 Apr 2013 - 13:03
 

Blog Liver&Empedu