FamiliaMedika

Komunitas Kesehatan Keluarga

Bagaimanakah seseorang bisa meraih gelar 'dr'?

Gelar 'dokter umum' diraih melalui pendidikan kedokteran. Mula-mula seseorang mengambil kuliah di fakultas kedokteran. Kuliah di kedokteran terbagi menjadi dua tahapan yaitu tahapan pertama berupa pendidikan sarjana kedokteran atau disebut juga kuliah 'pre-klinik' dan tahapan kedua berupa pendidikan profesi dokter atau kepaniteraan klinik. Mereka yang sedang mengikuti pendidikan profesi dokter sering juga disebut atau dipanggil sebagai 'ko-asisten' atau 'dokter muda' ('dokter-muda' hanyalah panggilan, ia belum lulus 'menjadi' dr.).

 

Pendidikan sarjana kedokteran berlangsung selama 8 semester (4 tahun). Pendidikan berlangsung di kampus kedokteran. Lulus sarjana kedokteran seseorang mendapat gelar S.Ked atau sarjana kedokteran. Mereka yang mempunyai gelar S.Ked dapat saja bekerja di institusi yang relevan dengan dunia kedokteran namun tidak dapat berprofesi praktek sebagai dokter. Contoh: Saleh Pribadi, S.Ked.

Bila telah memiliki gelar sarjana, maka seseorang dapat mengikuti program pendidikan yang lebih tinggi misalnya mengambil program pendidikan magister, namun pada umumnya lulusan sarjana kedokteran akan segera melanjutkan pendidikannya ke pendidikan profesi dokter.

 

Pendidikan profesi dokter berlangsung selama 2 tahun. Pendidikan berlangsung di 'rumah sakit pendidikan'. 'Dokter muda' akan magang di berbagai bagian klinik, misalnya magang di bagian obstetri ginekologi selama 3 bulan, magang di bagian THT selama 1 bulan dan sebagainya. Selama magang peserta pendidikan akan memperoleh pengetahuan, pengalaman dan keahlian sebagai dokter umum.

Setelah lulus pendidikan profesi dokter seseorang akan mempunyai gelar 'dr.'. Bila telah memiliki persyaratan administrasi (SIP / surat ijin praktek), maka ia dapat praktek sebagai 'dokter umum'. Contoh: Saleh Pribadi, S.Ked, dr.

Gelar S.Ked biasanya jarang dicantumkan dibelakang nama seseorang karena semua dokter pasti sarjana kedokteran sehingga Saleh Pribadi, S.Ked, dr., ditulis menjadi Saleh Pribadi, dr., saja. Bila ia mempunyai gelar pendidikan magister maka gelar tersebut dapat dicantumkan dibelakangnya, misal: Saleh Pribadi, dr., M.Kes.

* Pendidikan profesi dokter gigi sama seperti pendidikan profesi dokter umum, yaitu mengikuti kuliah di kampus kedokteran gigi yang kemudian dilanjutkan dengan mengikuti pendidikan profesi pendidikan dokter gigi di rumah sakit.

 

Pendidikan profesi dokter spesialis merupakan lanjutan pendidikan profesi berikutnya setelah pendidikan dokter umum, berlangsung paling cepat selama 3,5 tahun, pendidikan berlangsung di rumah sakit pendidikan, misalnya pendidikan dokter spesialis patologi klinik, pendidikan dokter spesialis bedah orthopaedi, dan sebagainya. Dokter gigi juga dapat melanjutkan pendidikan spesialisasi misalnya mengikuti pendidikan profesi dokter spesialis bedah mulut di rumah sakit.

Selama mengikuti pendidikan kedokteran, seorang dokter telah dibekali ilmu dan keahlian untuk menangani orang sakit serta untuk menangani deteksi dini dan pencegahan penyakit.

Last modified pada
You don't have permission to view or post comments.

Cari

Polling: Beri kami pendapatanmu

Apakah kamu suka FamiliaMedika.net?

Saya sangat suka FamiliaMedika.net - 100%
Saya suka - 0%
Biasa saja - 0%
Saya tidak suka - 0%

Total votes: 2
The voting for this poll has ended on: 17 Apr 2013 - 13:03